pembersih ultrasonik

Ultrasonic Cleaner atau pembersih ultrasonik adalah perangkat pembersih yang menggunakan frekuensi Ultrasound (biasanya dari 20-400 kHz) dan pelarut pembersihan yang sesuai (kadang kadang biasanya dengan air ledeng) untuk membersihkan barang-barang halus. Ultrasound dapat digunakan dengan air saja, akan tetapi menggunaan pelarut yang tepat untuk item yang akan dibersihkan dan meempengaruhi tingkat kekotoran. Pembersihan biasanya berlangsung antara tiga sampai enam menit.

Pengaplikasian Ultrasonic Cleaner

Ultrasonic Cleaner digunakan untuk membersihkan berbagai jenis benda, termasuk perhiasan, lensa dan bagian optik lainnya, arloji, instrumen gigi dan bedah, alat, koin, pena, klub golf, tirai, senjata api, alat musik, bagian industri dan peralatan elektronik. Ultrasonic Cleaner digunakan dalam berbagai lokakarya perhiasan, perusahaan pembuat jam , dan lokakarya perbaikan elektronik. Ultrasonic Cleaner mulai digunakan dalam industri di sekitar tahun 1950, dan mulai digunakan sebagai peralatan rumah yang relatif murah di sekitar tahun 1970.

Karakteristik Proses Pembersihan Ultrasonic Cleaner

Ultrasonic Cleaner menggunakan gelembung kavitasi yang disebabkan oleh tekanan frekuensi tinggi gelombang (suara) yang merangsang cairan. Rangsangan menghasilkan kekuatan tinggi pada kootoran yang melekat pada substrat seperti logam, plastik, kaca, karet, dan keramik. Rangsangan ini juga menembus lubang buta, retak, dan wadahnya. Tujuannya adalah untuk benar-benar menghapus semua jejak kotoran yang erat melekat atau tertanam pada permukaan benda padat. Air atau pelarut lain dapat digunakan, tergantung pada jenis kotoran dan benda yang dibersihkan. Kotoran dapat mencakup debu, minyak, pigmen, karat, minyak, ganggang, jamur, bakteri, kapur skala, senyawa polishing, bahan fluks, sidik jari, lilin jelaga dan bahan pelepas cetakan, kotoran biologis seperti darah, dan sebagainya. Ultrasonic Cleaner dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk benda, ukuran dan bahan, dan tidak memerlukan bagian yang akan dibongkar sebelum pembersihan. Objek tidak boleh menempel dibagian bawah alat ini selama proses pembersihan , karena akan menghambat kavitasi yang akan membersihkan bagian dari objek yang tidak bersentuhan dengan air.
Dalam Ultrasonic Cleaner, obyek yang akan dibersihkan ditempatkan dalam wadah yang berisi solusi yang cocok (dalam larutan berair atau organik, tergantung pada aplikasi). Dalam pembersih air, bahan kimia yang ditambahkan adalah surfaktan (misalnya deterjen laundry) yang memecah tegangan permukaan dasar air. Ultrasound menghasilkan transduser dibangun ke dalam wadah, atau diturunkan ke dalam cairan, menghasilkan gelombang ultrasonik dalam cairan dengan mengubah ukuran dalam reaksi dengan sinyal listrik berosilasi pada frekuensi ultrasonik. Hal ini menciptakan gelombang kompresi dalam cairan dari tangki yang ‘merobek’ cairan terpisah, meninggalkan jutaan mikroskopis ‘void’ atau ‘gelembung vakum parsial’ (kavitasi). Gelembung ini runtuh dengan energi yang sangat besar, suhu dan tekanan pada urutan 5.000 K dan  20.000 lbs per inci persegi dicapai. Namun, mereka begitu kecil, yang mereka lakukan tidak lebih dari membersihkan dan menghilangkan kotoran dari permukaan benda yang dibersihkan . Semakin tinggi frekuensi, semakin kecil node antara titik kavitasi, yang memungkinkan untuk membersihkan detail yang lebih rumit.
Transduser ultrasonik menunjukkan ~ 20 kHz dan 40 kHz ~ susunan. Unsur-unsur aktif (dekat bagian atas) adalah dua cincin timbal zirkonat titanat, yang melesat ke tanduk penghubung aluminium


sumber:
https://multimeter-digital.com/ultrasonic-cleaner.html
https://youtu.be/VlA6rzCP3Ck

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GERAK TAKSIS TUMBUHAN

bab 3 ~ struktur dan fungsi buah dan biji

GERAK TROPISME BESERTA CONTOHNYA